Kebijakan Pengembalian Produk

A. Pendahuluan

Kebijakan Pengembalian Produk ini (“Kebijakan Pengembalian”) merupakan penjelasan mengenai ketentuan-ketentuan dan prosedur sehubungan dengan pengembalian Produk yang berlaku di ALAND.

Kebijakan Pengembalian ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Aturan Penggunaan ALAND dan Kebijakan Privasi ALAND. Kecuali apabila diartikan lain sesuai dengan konteksnya, seluruh istilah-istilah yang diawali huruf kapital yang tidak diberikan definisi secara khusus di dalam Kebijakan Pengembalian ini memiliki arti yang diberikan untuk istilah tersebut dalam Aturan Penggunaan ALAND.

B. Ketentuan Pengembalian Produk

  1. Tanpa mengurangi ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Aturan Penggunaan ALAND, Pengguna berhak untuk melakukan pengembalian (return) dan mendapatkan pengembalian uang pembelian Produk dalam bentuk Gift Card dengan tunduk pada ketentuan-ketentuan dan prosedur pengembalian Produk dalam Kebijakan Pengembalian ALAND ini.
  2. Pengguna dapat mengajukan pengembalian dalam hal Produk diterima oleh Pengguna dalam keadaan cacat, rusak, tidak lengkap, atau tidak sesuai dengan pesanan Pengguna dan/atau dengan deskripsi atas Produk yang tersedia di laman dalam Platform, dan/atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya (selanjutnya disebut sebagai “Keadaan Defect”), yang mana bukan timbul dari atau sehubungan dengan kesalahan dari Pengguna. 
  3. Pengguna dapat mengajukan pengembalian Produk dalam jangka waktu maksimal 3x24 jam sejak Produk telah sampai di alamat tujuan Pengguna yang dibuktikan dengan status pengiriman dari perusahaan logistik terkait.
  4. Dalam pengajuan pengembalian Produk, Pengguna wajib menyertakan video unboxing paket Produk yang diterima dan foto Produk sebagai suatu bukti yang sah bahwa Produk yang diterima dalam Keadaan Defect.
  5. Pengguna memahami bahwa segala jenis kupon, voucher, atau bentuk-bentuk promosi lainnya yang Pengguna gunakan pada saat pembelian Produk tidak dapat dikembalikan dalam bentuk apapun.
  6. Pengguna memahami bahwa beberapa jenis Produk tertentu tidak dapat dikembalikan karena alasan-alasan berikut, antara lain:

1. Pada saat pembelian, Produk tunduk pada suatu program sale atau promosi; atau

2. Produk tidak dapat dikembalikan atas alasan kebersihan dan kesehatan, seperti pakaian dalam.

7. Uang pembelian Produk akan dikembalikan oleh ALAND kepada Pengguna dalam bentuk Gift Card:

  1. Pengajuan Produk dari Pengguna telah diverifikasi oleh ALAND dan telah memenuhi setiap ketentuan dan prosedur pengembalian Produk yang berlaku; dan
  2. . Setelah diterima di Gudang ALAND (sebagaimana didefinisikan di bawah), Produk telah diverifikasi oleh ALAND dan dinyatakan memenuhi persyaratan untuk dikembalikan 

8. Dalam hal Produk yang telah diterima di gudang yang ditunjuk ALAND (“Gudang ALAND”) tidak lolos verifikasi ALAND dan atas pertimbangan ALAND, dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk dikembalikan, ALAND akan mengembalikan Produk ke Pengguna dengan ongkos kirim yang akan ditanggung oleh Pengguna.

C. Prosedur Pengembalian Produk

Pengguna wajib mengirimkan email ke cs@alandstore.id dalam jangka waktu sebagaimana disebutkan dalam poin B.3 Kebijakan Pengembalian.
Customer Service ALAND akan menghubungi Pengguna melalui email untuk memberikan konfirmasi bahwa pengajuan pengembalian Produk Pengguna telah diterima dengan baik oleh ALAND.
Pengguna akan diminta oleh Customer Service ALAND untuk mengirimkan video unboxing paket Produk yang diterima dan foto Produk, yang mana menampilkan Keadaan Defect melalui WhatsApp.
Pengguna akan menerima konfirmasi dari Customer Service ALAND terkait pengembalian Produk dalam waktu 5 (lima) hari kerja sejak video unboxing dan foto Produk diterima oleh ALAND. Dalam hal pengajuan pengembalian Pengguna disetujui oleh ALAND, Customer Service ALAND akan memberikan konfirmasi melalui WhatsApp kepada Pengguna beserta informasi terkait prosedur lebih lanjut pengembalian Produk termasuk alamat Gudang ALAND.
Atas konfirmasi sebagaimana dimaksud dalam poin C.4 di atas, Pengguna dapat mengirimkan Produk dalam waktu maksimal 2 (dua) hari kerja ke alamat Gudang ALAND yang diinformasikan oleh Customer Service ALAND.
Setelah Produk diterima di Gudang ALAND, Produk akan melalui proses verifikasi selama 5 (lima) sampai 7 (tujuh) hari kerja. Dalam hal Produk yang dikembalikan tidak lolos verifikasi ALAND dan atas pertimbangan ALAND, dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk dikembalikan, Customer Service ALAND akan menghubungi Pengguna dan Produk akan dikembalikan ke Pengguna dengan ongkos kirim yang akan ditanggung oleh Pengguna.
Dalam hal Produk yang dikembalikan lolos verifikasi ALAND dan memenuhi persyaratan untuk dikembalikan, Customer Service ALAND akan memberikan konfirmasi kepada Pengguna dan ALAND akan mengembalikan uang pembelian Produk dalam bentuk Gift Card ke akun pengguna.